Minggu, 09 November 2014

Interview Masashi Kishimoto Perihal Tamatnya Naruto

Tak terasa kisah Uzumaki Naruto buatan Masashi Kishimoto ini telah selesai . Manga Naruto berakhir pada Chapter 700, setelah itu legenda Mangaka di balik Manga ini angkat bicara mengenai perasaannya setelah Naruto tamat. Dia juga berkomentar tentang sudut pandangnya pada ending Naruto. Baca dan Lihat Wawancara Masashi Kishimoto dibawah ini, disertai foto Kishimoto-sensei saat membuat chapter terakhir.

Masashi Kishimoto, pencipta "Naruto", saat diwawancarai pada 31 Oktober di Shibuya Ward, Tokyo, beberapa jam setelah ia menyelesaikan chapter terakhir.

Question: Bagaimana perasaan anda sekarang?
Kishimoto: Karena saya baru saja menyelesaikan episode terakhir ini kurang dari 12 jam yang lalu, saya belum punya perasaan yang sesungguhnya (perihal tamatnya "Naruto"). Saya harus mengejar deadline tiap minggunya selama 15 tahun, jadi rasanya masih ada deadline untuk minggu depan. Saya sudah memikirkan banyak hal yang harus dilakukan setelah ("Naruto") berakhir, tapi saya belum tahu dari mana harus memulai. Saya ingin melakukan hal lain selain manga. Jangan khawatir, saya akan terus menciptakan manga.

Q: Kapan anda memutuskan bagaimana untuk mengakhiri "Naruto"?
Kishimoto: Saat pertama kali pekerjaan ini diserialisasi, saya telah menentukan akhir manga ini dengan pertempuran antara protagonis Naruto vs Sasuke yang merupakan saingannya sejak awal cerita. Kemudian saya putuskan rinciannya, sedikit demi sedikit, diataranya seperti apakah mereka akan bertarung sebagai teman atau musuh, perasaan dan dialog mereka, sambil menggambar manganya. Sekitar dua tahun yang lalu, saya mulai merasa cerita ini sudah mendekati Final.

Ketika manga ini dimulai, editor yang bertanggung jawab untuk pekerjaan saya berkata padaku, "Lanjutkan seri ini setidaknya selama lima tahun." Sulitnya pekerjaan untuk terus melanjutkan "Naruto" dalam majalah mingguan kadang-kadang membuat saya berpikir bahwa saya ingin menyelesaikan serial ini. Saya bahkan tidak berpikir "Naruto" akan berlangsung selama 15 tahun.

Cerita bisa berlangsung dalam jangka waktu lama seperti ini karena karakter "terjebak." Ketika saya mencoba untuk dengan cepat membuat jawaban (untuk masalah yang diangkat dalam cerita), karakter yang ada tidak memungkinkan saya untuk melakukannya. Jika saya membuat mereka bertindak sesuai harapanku (memaksa), maka aspek "kenyataannya" akan hilang.

Karena seniman manga (mangaka) selalu bekerja di dalam ruangan, sulit bagi kita untuk melihat secara langsung apakah pekerjaan kita benar-benar populer. Kecuali jika saya menerima banyak surat penggemar dari luar negeri, baru saya menyadari (bahwa "Naruto") cukup populer di luar Jepang. Beberapa surat yang ditulis menggunakan bahasa yang saya tidak tahu, jadi saya hanya mengerti bahwa pekerjaan saya dibaca oleh banyak orang di berbagai negara.

Salah satu surat penggemar berisi foto seorang anak kecil berpakaian seperti Naruto yang sedang berpose mencolok. Lampiran tersebut membuat saya bahagia.

Q: Apakah Anda tahu "One Piece"?
Kishimoto: Tidak mungkin saya tidak tahu. ("Naruto" dan "One Piece", keduanya) merupakan serial Manga di majalah yang sama, dan "One Piece" selalu berada di jajaran depan. Saya mampu bekerja begitu keras untuk menulis "Naruto" juga berkat (saingan dengan) "One Piece."

Q: Anda berusia 40 tahun pada 8 November. Bagaimana perasaan anda mengenai hal itu?
Kishimoto: Saya tetap seorang "anak" dalam hal mentalitas. Tidak ada yang berubah dari usia 25 tahun, ketika seri dimulai. Aku hanya bekerja di meja untuk menciptakan karya berkualitas tinggi, manga yang menarik, dan 15 tahun berlalu tanpa saya sadari.

Q: Apa yang ingin anda beritahu kepada dirimu yang dulu?
Kishimoto: Saya berharap untuk memberitahu diri saya sendiri pada usia 23 atau 24 tahun, saat sedang menggambar Naruto dan karakter lain di atas kertas copy dirumah keluarga saya seperti yang saya inginkan: "Hargai dia. kau akan menulis serial manga selama 15 tahun dengan menggunakan karakternya."

Q: Untuk The Last: Naruto the Movie...?

Kishimoto: Movie terbaru menceritakan kisah cinta. Ceritanya akan menggambarkan kejadian antara manga chapter 699 dan 700. Saya yang merancang karakter dan membantu membuat cerita. Meski saya ingin sekali menulis kisah cinta Naruto dan teman-temannya dalam serial manga, tapi rasanya terlalu sulit. Saya tidak pandai menulis roman karena saya merasa malu ketika mencoba untuk melakukannya.

Meja kerja Masashi Kishimoto, ia sedang menggambar Naruto
Original drawing Naruto Chapter 699


Selain itu, akan ada adaptasi musik dari Naruto dan pameran yang menampilkan karya manga di Jepang tahun depan. Untuk itu, Kishimoto-sensei berkata "Saya ingin segera melihat semua adaptasinya. Pameran direncanakan akan menjadi yang terbesar. Fans Naruto akan dapat direndam dalam pandangan dunianya, sedangkan mereka yang tidak tahu banyak tentang Naruto jadi ingin membaca manganya. "

Source: http://ajw.asahi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar